Laman

Rabu, 09 Maret 2011

11 Spesies Ikan yang Baru ditemukan di Raja Ampat

Raja Ampat merupakan salah satu taman laut yang di miliki Indonesia memang menyimpan begitu banyak keindahan dan keanekaragaman biota laut.Pada 19 April 2010 kemarin, Suharsono, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,mengumumkan 11 nama spesies ikan yang baru di temukan di Raja Ampat.Bahkan kabarnya 11 spesies ini belum pernah di lihat di bagian bumi manapun.Berikut ini 11 nama spesies ikan yang baru di temukan tersebut:

1. Hemiscyllium Galei


Disebut juga hiu berjalan yang tampak seperti hiu kecil dengan warna bentol-bentol seperti tokek yang berjalan di dasar lautan. Ikan tersebut ditemukan oleh peneliti Australia, Allen dan Unmack pada 2008 dan namanya diambil dari nama Jeffrey Gale.


2. Hemiscyllium Henryi


Sejenis hiu berjalan yang mirip dengan Hemiscyllium galei namun berbeda bentuk corak dan warnanya dengan H.galei. Hiu berjalan tersebut ditemukan Allen dan Erdmann pada 2008 dan namanya diambil dari nama Wolcott Henry.


3. Melanotaenia Synergos




Ditemukan oleh Allen dan Unmarck pada 2008 yang namanya diambil dari nama Synergos Institute.


4. Corythoichthys Benedetto


Sejenis kuda laut yang tampak seperti buaya yang sangat ramping. Ditemukan Allen dan Erdmann pada 2008 dan namanya diambil dari nama mantan perdana menteri Italia, Benedetto Craxi.


5. Pterois Andover



Sejenis pterois berwarna merah yang ditemukan Allen dan Erdmann pada 2008 yang namanya diambil dari nama Sindhuchajana Sulistyo.


6. Pseudanthias Charlenae



Ikan kecil berwarna merah muda cerah yang namanya diambil dari nama Pangeran Monaco, Albert II.


7. Pictichromus Caitlinae



Sejenis ikan kecil berwarna cerah yang ditemukan Allen, Gill, dan Erdmann pada 2008 yang namanya diambil dari nama Caitlin Elizabeth Samuel, sebagai hadiah ulang tahun Caitlin dari orangtuanya, Kim Samuel Johnson.


8. Pseudochromus Jace



Ikan kecil unik yang ditemukan Allen, Gill, dan Erdmann pada 2008 yang namanya merupakan singkatan dari nama Jonathan, Alex, Charlie, dan Emily, yang merupakan keempat anak Lisa dan Michael Anderson.


9. Chrysiptera Giti


Ikan kecil yang tampak berduri ditemukan oleh Allen dan Erdmann pada 2008 dan namanya diambil dari nama perusahaan yang dimiliki Enki Tan dan Cherie Nursalim, yakni perusahaan GITI.


10. Paracheilinus Nursalim



Ditemukan oleh Allen dan Erdmann pada 2008 dan namanya diambil dari nama Sjamsul dan Itjih Nursalim.


11. Pterocaesio Monikae


Diambil dari nama Lady Monica Bacardi.

Kesebelas nama spesies tersebut diberikan oleh para pemenang lelang dalam pelelangan "Blue Auction" yang digelar di Monaco. Disampaikan Suharsono, hasil lelang tersebut akan digunakan untuk memajukan ilmu penamaan spesies atau taksonomi di Indonesia. Penemuan spesies baru tersebut merupakan kerjasama LIPI dengan Conservation Internasional.
Sumber:apakabardunia.com --> sains.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar